Rohis Di Berbagai Belahan Dunia

25 Sep

Heboh penistaan Rohis oleh sebuah media TV di Indonesia memunculkan protes dimana- mana. Remaja Islam yang rajin menimba ilmu agama di sekolah justru diberi stigma negatif sebagai teroris yang membahayakan negara. Padahal keberadaan Rohis sendiri hadir sebagai solusi untuk memperbaiki akhlak remaja yang terlanjur terseret oleh budaya hedonisme, liberal, materialis dan apatis. Kegiatan – kegiatan Rohis banyak menuntun remaja untuk mau saling mengenal dan bersilaturahim bukan tawuran, bullying, apalagi anarkis merusak negara. Rohis juga mengajarkan akhlak yang baik kepada orang tua, guru dan orang yang lebih tua juga menyayangi yang lebih muda.

 

Tak pelak sebenarnya gerakan Rohis ini pun menyebar dengan cepat di seluruh pelosok Indonesia bahkan dunia. Rohis dianggap sebagai salah satu solusi dalam memperbaiki generasi suatu bangsa. Rohis menjadi salah satu tumpuan harapan untuk membangun masa depan bangsa yang lebih baik.

Di sini saya akan coba merangkum profil beberapa Rohis yang ada di berbagai belahan dunia. Dengan begitu kita semakin yakin bahwa Rohis bukanlah gerakan sempalan tapi murni kumpulan manusia – manusia pecinta Tuhan yang ingin agar bangsa mereka lebih baik lagi.

1. Al-Rashid Youth Club (Edmonton, Canada)

The Al-Rashid Youth Club adalah organisasi non-profit Remaja Muslim yang melayani pemuda Edmonton, Canada. Tujuan mereka adalah untuk menumbuhkan generasi pemuda yang percaya kepada Allah, bangga menjadi muslim, percaya diri dalam dirinya sendiri, membantu manusia lainnya, mandiri, mempunyai tujuan hidup dan mampu membawa pesan Islam.
RYC telah melakukan kegiatan yang sukses dalam satu setengah tahun terakhir ini. RYC ini dijalankan oleh sekelompok anak muda yang sangat efisien, dan berkomitmen untuk organisasi dan pemuda. Mereka bergabung dengan persaudaraan yang kuat, dan itulah yang membuat apa yang mereka lakukan menjadi mungkin.

Pendaftaran saat ini terbuka untuk pemuda usia SMP dan SMA.

Video Kegiatan Rashid Youth Club

 

Facebook : http://www.facebook.com/AlrashidYouthClub

Web : http://alrashidyouthclub.com

 

2. The Hume Islamic Youth Centre (HIYC) (Australia)

HIYC bertujuan untuk menyediakan lingkungan yang aman dan ramah bagi pemuda masyarakat setempat yang memfasilitasi dan mendorong pembelajaran, gaya hidup sehat dan aktif, pengembangan karakter yang saleh dan pencerahan jiwa berdasarkan prinsip-prinsip Islam .

Tujuan di atas akan difasilitasi melalui lokakarya pendidikan dan rekreasi, program dan berbagai fasilitas lainnya.

Kegiatan :

  • Islamic Lectures and Classes
  • Billiards & Snooker
  • Table Tennis
  • Foosball
  • Video Games
  • Private tutoring
  • Short courses
  • Martial Arts & Gymnasium
  • DVD nights

Fasilitas lainnya :

  • Daily prayers
  • Jummah prayer
  • Weekly lectures
  • Youth mentoring
  • Young leadership programs
  • Education and Training
  • Counciling
  • Islamic awareness events
  • Moderm Islamic media store
  • Cafe stocking the best halal foods
  • Reception area for hire
Review kegiatan HIYC Australia

 

3. The WIA Muslim Youth Club (MYC) (CANADA)

The WIA Muslim Youth Club (MYC) didirikan pada tahun 2007. Setelah menyadari tantangan yang dihadapi pemuda Muslim di masyarakat saat ini, MYC yang didirikan dalam rangka untuk menyediakan lingkungan yang menggabungkan nilai-nilai dan ajaran Islam sambil pada saat yang sama berjuang untuk membuatnya menyenangkan dan menarik bagi pemuda .

Selama tahun ajaran  sekolah, MYC terbuka pada malam Jumat dan Sabtu sore untuk ikhwan dan Minggu untuk para akhwat. Program Jumat untuk ikhwan terdiri dari halaqah mingguan yang diadakan oleh Imam setelah Maghrib dan pesta pizza setelah Isya. Program Sabtu mencakup pembicaraan singkat mengenai pemuda dilanjutkan dengan olahraga dan kegiatan lainnya.

Di dalam MYC ada sejumlah kegiatan dan permainan yang menyenangkan . Ini termasuk: tenis meja, kolam renang, meja pingpong, Menonton TV layar besar, Wii, bermain bersama dengan berbagai permainan video yang berbeda.
Selama musim panas, MYC terbuka sepanjang minggu. Kami juga memiliki beberapa kegiatan skala yang lebih besar sepanjang musim panas, seperti berkemah dan perjalanan ke tempat-tempat menarik seperti Kanada Wonderland.

web : http://www.mycwindsor.ca/

 

Muslim Youth Centre (British Columbia)

Muslim Youth Centre adalah sebuah organisasi non-profit yang didirikan pada bulan Oktober 1999 oleh Saudara Imam Husain Asgar. MYC dibagi menjadi area gym, area olahraga, permainan daerah, Musallah, kantor, tempat cuci, penyimpanan, dan perpustakaan. Muslim Youth Centre adalah fasilitas unik yang melayani kebutuhan fisik, spiritual, dan emosional kaum muda.

SASARAN KAMI
Untuk melindungi pemuda kita dari berbagai kegiatan yang melawan hukum dan ilegal.
Untuk memberikan kesempatan belajar untuk membangun karakter.
Untuk cetakan pemuda kita untuk berkomitmen dan berdedikasi warga.
Untuk menanamkan cinta kasih Allah dan Rasul-Nya Muhammad (SAW).
Untuk menawarkan program pendidikan fisik, spiritual, moral dan sosial.
Untuk belajar, mengajar dan menyebarkan Islam melalui dakwah.
Untuk mempromosikan nilai-nilai Islam yang damai dan harmonis.

PROGRAM DAN KEGIATAN
MYC ini menawarkan banyak layanan untuk pemuda. Fungsi ini meliputi Hari Olahraga, acara BBQ, acara menginap akhir pekan bagi para pemuda di Pusat, Self Defence kelas, kelas Al-Quran, acara Family Day, malam video, permainan X-Box dan makan malam. Kami menawarkan banyak program lain dan kegiatan fisik seperti basket, hoki, bulu tangkis, tenis meja, dan area latihan. Kami juga menyelenggarakan konferensi, seminar, lokakarya, layanan konseling dan wisata, kamp, latihan kebugaran perempuan, dan kegiatan khusus untuk akhwat saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: