Al Chaidar: Rohis tak Masuk Jaringan Teroris

19 Sep

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Pengamat terorisme Al Chaidar menilai, kegiatan keagamaan sekolah tidak menjadi media bagi terorisme untuk melakukan kaderisasi. Memang ada kemungkinan hal itu terjadi, namun itu sangat kecil.

‘’Yang bisa masuk lewat rohis itu hanya KW 9, Abu Toto saja. Sementara kelompok teroris lain tidak ada yang masuk lewat situ,’’ katanya ketika dihubungi, Senin (17/9).

 

Ia menambahkan, yang mungkin terjadi yaitu, penelitian Bambang Pranowo dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terlalu gegabah mengambil kesimpulan. Alasannya, penelitian tersebut terlalu umum dalam melihat kecenderungan kaum muda terhadap gerakan radikal.

Yaitu, kecenderungan untuk menyamaratakan jalur apa yang dipakai teroris dalam melakukan rekrutmen. Padahal organisasi keagamaan sekolah itu tidak masuk dalam jaringan yang digunakan teroris.

Menurutnya, tidak semua gerakan organisasi itu memiliki kaitan dengan terorisme."Jadi menurut saya memang itu tidak ada, rohis itu. Boleh dikatakan tidak ada hubungannya,’’ tambah dia.

Dari Republika.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: