Metro TV Klarifikasi Pemberitaan soal `Rohis` ke KPI

18 Sep

Metrotvnews.com, Jakarta: Metro TV memenuhi undangan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Jakarta, Senin (17/9). Kedatangan Metro TV untuk mengklarifikasi pemberitaan program acara Headline News dan Metro Hari Ini edisi Rabu 5 September 2012 bertemakan ”Awas Ancaman Teroris Muda”. Metro TV menyerahkan klarifikasi dan bukti rekaman siaran tersebut.

Ketua KPI Mochamad Riyanto dalam kesempatan ini membuka dialog soal tema pemberitaan yang sempat menimbulkan kesalahpahaman penafsiran di sebagian kalangan masyarakat. Pemimpin Redaksi Metro TV Putra Nababan memastikan Metro TV tidak pernah memberitakan, apalagi menyebutkan Rohis (Kerohanian Islam) sebagai sarang teroris.

Ia juga mengaku telah menyampaikan penjelasan mengenai soal tersebut melalui akun Twitter, @Metro_TV dan website atau lamannya metrotvnews.com. Bahkan, Metro TV telah menyampaikan permintaan maaf atas tidak tercantumnya sumber informasi pada penayangan info grafis yang menimbulkan persepsi publik yang berbeda-beda.

Selain kepada KPI, Metro TV juga menyampaikan surat klarifikasi dan rekaman tayangan tersebut kepada Kantor Dewan Pers, Jakarta. Surat langsung diserahkan Corporate Secretary Metro TV, Adjie Soeratmadji.

“Kami akan berkomunikasi aktif dengan KPI dan Dewan Pers, sehingga masyarakat melihat ada inisiatif dari Metro TV terhadap karya jurnalistik yang sudah kami lakukan dalam hal ini kami berkomunikasi juga dengan masyarakat,” ujar Putra Nababan.

Komisi Penyiaran Indonesia mengapresiasikan langkah proaktif Metro TV ini. Ketua KPI Mochamad Riyanto mengaku pihaknya akan mengkaji materi yang diserahkan Metro TV.

“Kami menawarkan opsi dialog secara tertutup dengan berbagai pihak untuk meyakinkan sesuatu yang early warning yang nantinya kalau terjadi disclaimer mungkin bisa ketidaksengajaan atau faktor lainnya atau menjadi suatu yang positif untuk bangsa ini, untuk melindungi anak bangsa dari gerakan perekrutan terorisme,” ujarnya.(BEY)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: