Bashaer Othman, Remaja Palestina yang menjadi Walikota Termuda di Dunia

18 Sep

ALLAR, Wilayah Palestina – Seperti kebanyakan remaja Palestina, Bashaer Othman kembali ke sekolah minggu ini setelah istirahat musim panas yang panjang. Namun, bukannya bergaul dengan teman-teman, remaja 16-tahun ini telah menghabiskan dua bulan terakhir menjabat sebagai walikota sebuah kota kecil di Tepi Barat utara.

Duduk di sebuah meja besar di depan tiga foto berbingkai dari Presiden Mahmud Abbas, Perdana Menteri Salam Fayyad dan veteran pemimpin nasionalis Yasser Arafat, Othman tersenyum saat ia menandatangani dokumen yang memungkinkan penduduk untuk membayar tagihan air besar dalam angsuran.

“Ini bukan tentang judul, ini tentang melayani kota,” kata remaja, yang hanya berumur 15 tahun ketika ia mengambil alih kepemimpinan dari walikota Sufiyan Shadid pada 2 Juli untuk tugas dua bulan sebagai pejabat di Allar, sebuah kota dari 8.000 warga.

Idenya, katanya, keluar dari sebuah proyek pemuda parlemen nasional yang dijalankan  oleh Forum Pemuda Sharek, yang bertujuan untuk melibatkan anak-anak pada hari-hari kerja pemerintah daerah Palestina.

Proyek ini telah berjalan di seluruh wilayah Palestina, tapi Othman adalah orang pertama yang mengambil peran seperti profil tinggi, dalam sebuah langkah yang “sepenuhnya didukung” oleh Shadid, katanya.

Remaja ini mengatakan dia tidak tahu “apa-apa” tentang pekerjaan pada awalnya, tetapi “dengan bantuan dan kerjasama dari anggota dewan dan walikota,” dia cepat belajar.

“Saya datang ke kantor saya setiap pagi pukul 8:00 dan melihat lebih banyak file, menandatangani surat-surat, dan bertemu dengan anggota dewan. Saya juga harus melakukan banyak kunjungan lapangan untuk memecahkan masalah yang mendesak, “katanya kepada AFP.

“Saya takut tentang mengambil tanggung jawab begitu banyak, itu adalah tantangan besar,” katanya, menjelaskan bahwa posisinya itu “bukan hanya formalitas” dan bahwa dia diberi “kekuasaan penuh” sebagai walikota.
Tapi dia bangga akan perannya. “Saya walikota termuda di dunia, itu sangat menarik,” katanya.

Setelah enam jam di tempat kerja, Othman bebas untuk pulang, di mana ia dengan cepat beralih ke kehidupan remaja lebih rutin – “bermain game komputer,” dia menyeringai.

Ada 11 anggota dewan di balai kota, enam dari partai yang berkuasa Fatah, dan lima dari gerakan Islam Hamas, yang menguasai Jalur Gaza. Semuanya sepakat untuk mendukungnya, katanya.

“Saya takut bahwa beberapa anggota dewan dan karyawan akan melawan saya dan tidak membantu, tapi ternyata bahwa semua orang mendukung, yang membantu saya melakukan pekerjaan saya.”

Shadid mengatakan proyek telah diuntungkan setiap orang – baik anak-anak dan dewan. “Tujuannya adalah untuk mendorong kaum muda dan membuktikan bahwa mereka dapat mengambil tanggung jawab ketika diberi kesempatan,” kata Shadid, yang telah menjadi walikota kota selama 12 tahun.

“Kami selalu harus menyuntikkan darah baru ke dalam semua lembaga Palestina tanpa pengecualian sehingga mereka tidak lembek,” katanya kepada AFP.

Sebagai bagian dari perjanjian tersebut, Othman diberikan kekuasaan penuh sebagai walikota, meskipun pembatasan teknis dengan bank berarti dia hanya diizinkan untuk menandatangani masalah keuangan hingga 300 shekel ($ 75/60 ​​Euro).

“Apa pun di atas jumlah yang diatur oleh bank dan mereka membutuhkan penandatangan resmi, yaitu saya,” jelas Shadid.

Ada beberapa keluhan kecil tentang mengapa anak laki-laki tidak dipilih lebih dari seorang gadis, tetapi untuk sebagian besar warga telah mendukung.

“Fakta bahwa seorang gadis usia nya menjadi walikota adalah hal yang baik,” kata Faiza Abu Saada, seorang ibu rumah tangga. “Selama dia untuk itu, ia harus diberi kesempatan.” Fahmi Ammer setuju. “Ini adalah ide bagus. Kaum muda harus diberikan kesempatan lebih banyak “-. AFP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: